Beranda > Blogger dan Peralatan > Solusi Template untuk Blog

Solusi Template untuk Blog

Minggu, 24 Maret 2013
Image by My Self
Saya mendapatkan Request dari salahsatu teman saya disana, dia meminta saya untuk posting tentang solusi Template yang layak, cepat, dan juga enak untuk dilihat. Apa sajakah itu? mari kita simak bersama :)

Objek Seperlunya

Objek yang dimaksud adalah elemen pada blog. Semakin banyak elemen yang terdapat pada suatu Template, maka alhasil kecepatan browser dalam menampilkan blog anda akan berkurang, ini disebabkan karena banyaknya request script yang harus didownload browser agar menampilkan kontent tersebut.

Gambar Seperlunya

Tidak kalah pentingnya, gambar adalah suatu elemen yang bisa menarik perhatian pembaca kepada blog anda, namun saya sarankan adalah gunakan gambar pada tempatnya, misalnya pada Posting, atau Avatar tentang pemilik blog, ataupun hal yang harus diberikan gambar. Untuk background, saya sarankan untuk menggunakan gambar dengan resolusi/kedalaman warna terkecil dan berposisi bergerak (tidak menggunakan css "fixed") agar blog yang anda miliki tidak berat. Ini berkaitan dengan step selanjutnya.
css= background: #444 url('blablablaalamatgambar.com/gambarblahblah.jpg') 1px 5px fixed;

Gunakan Element Statis Seperlunya

Element statis adalah ketika anda scrolling down halaman, namun element itu masih saja berada pada layar ketika gulungan layar mulai bergerak keatas/kebawah. Kebanyakan digunakan dikalangan blog indonesia, dan ini adalah masalah yang sering terjadi kenapa blog anda terasa sangat berat dibandingkan blog teman-teman lainnya, hal ini sangat mempengaruhi kinerja komputer ketika merender suatu halaman website.
Pikirkan secara matang terlebih dahulu, komputer anda memang berspesifikasi tinggi, namun banyak juga laptop, notebook, bahkan komputer orang lain yang berspesifikasi rendah. Jika anda memerlukannya, silahkan gunakan. saya sarankan tidak lebih dari 2 / 3 element yang terpasang secara statis.
css= position: fixed;

Banyaknya Element Javascript

Javascript memang membuat blog anda terkesan lebih menarik. Namun tidak untuk hal ini, penggunaan secara belebihan juga tidak tepat karena browser yang anda gunakan akan memakan banyak sekali RAM, tidak jarang sering kita jumpai banyak browser yang menjelajah suatu website yang menggunakan javascript berlebihan mengalami CRASH. Untuk itu, pikirkanlah secara matang ;)

Kurangi Penggunaan Transparansi element

Jika kalian tidak paham tentang transparansi, mungkin kata "opacity" / "Alpha" bisa membantu anda dalam memecahkan masalah ini ;) Gunakan seperlunya saja ya.. :D
css= opacity: 0.3;

Kenapa anda tidak membuat template blog yang simple, elegan, namun menarik? Cobalah berkreasi sesuka anda, jangan selalu menggunakan hasil karya orang lain untuk diCopy-Paste secara diam-diam tanpa memberikan BackLink kepada alamat blog pemilik aslinya :) Sekian dari saya, terima kasih telah membaca di blog saya :)

4 comments

boleh ane tambahin gan?
google nggak suka blog yang terlalu banyak Javascript loh :)
jadi bener kata Agan, jangan banyak-banyak.
iya tuh gan -_- .. padahal dia sendiri juga menggunakan banyak JS -_- hehehehe
blog yang disukai google bukan dari template doang , tetapi dari segi update dan segi blogwalking
itulah yang harus dijadikan patokan utama
etto... iya juga sih, saya setuju dengan pendapat teman, alangkah baiknya juga kita men-desain template blog agar artikel yang terkandung itu mudah dibaca dan dipahami. Lagipula, dengan mendesain template secara benar juga dapat menambah daya tarik para pembaca untuk selalu datang ke blog kita, dan bisa juga mereka jadikan blog kita sebagai referensi...
Poskan Komentar

Cancel Reply
< >
Drawing codeSyalalala!