Beranda > Tugas Kuliah > Macet? Nih Solusinya..

Macet? Nih Solusinya..

Adi Nugraha Y 50414234 2ia03 Ilmu Sosial Dasar Pipit Fitriyah
Senin, 24 November 2014
dari Tempo [http://statik.tempo.co/data/2013/06/28/id_197278/197278_620.jpg]
Macet, kata ini sudah sering bahkan tiap hari dilontarkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya didaerah perkotaan. Kita ambil contoh kota Bekasi, walaupun wilayah kotanya tidak sebesar kota Jakarta, namun hampir atau bahkan setiap hari kita dapat melihat banyaknya benda besi beroda dua ataupun empat sedang mengantri entah itu karena lampu merah atau memang ada hal lain yang menyebabkan macet (kita sebut saja macet Gak Jelas).

Kadang kita sering menggerutu seperti "kok macet sih? | tumben macet? | huft macet.. | dll." bahkan menggerutu tidak jelas serta mengucapkan kata-kata kasar seperti "jir cot! (macet total) | !@#$%^&*(); (kata-kata disamarkan demi kesopanan)" sampai-sampai saling menyalahkan, seperti "ah gara-gara n jadi macet tuh.. (n = variabel *gubrak) | bodoh aja tuh orang ada plang dilarang puter balik tapi tetep aja trobos bos (padahal penulisnya juga seperti itu)". Setelah kita banyak mendengar kata-kata abstrak seperti itu, mari kita ulas lagi apasaja sih penyebab kemacetan ?

1. Banyaknya Pengendara Melanggar Aturan Lalulintas.

Kita ambil contoh seperti, ada sebuah lokasi, dimana itu terdapat larangan parkir (Huruf P kecoret) namun si-pengemudi tetap bersihkeras untuk parkir ditempat itu dengan alasan "Sorry, disana-sini ga ada tempat parkir".
Contoh kedua, (dalam kondisi macet) semua mobil antri, sedangkan beberapa mobil menyerobot ke antrian depan (istilahnya nyodok). Hal ini mencebabkan "TAMBAH MACET"
Yang terakhir adalah mereka yang tidak mau antri, dengan kata lain mereka dalam keadaan terburu-buru entah itu sedang kebelet buang air atau omong kosong apalah itu.

2. Jalan Rusak

Yep, jalan rusak adalah penyebab kemacetan khususnya didaerah perbatasan, contohnya didaerah perbatasan Cileungsi (karena penulis berada di Kabupaten ini). Pastilah kita menyalahkan Pemerintah dengan kata "Pemerintah gak Peduli | Pemerintah gak pernah lihat sekitar, cuma lingkungan kota saja! | Pemerintah Korupsi! memberikan fasilitas rakyat yang murahan." Tapi..... semua itu salah (kecuali statement yang ke-3 bisa jadi benar). Tidak semua masalah terjadi karena Pemerintah.. Pemerintah..~ namanya juga pemerintah, pe-me-rin-tah. Kita koreksi lagi diri kita, coba kita bayangkan JIKA ada sebuah jalan yang relatif kecil dan sempit yang kadang atau bahkan sering dilalui oleh TPS (Truk Pengangkut Sesuatu), pasti mengacu kembali ke penyebab kemacetan pertama.

3. Mobil Angkutan Umum

Sebelum menulis selebihnya saya minta maaf kepada kalian yang menggunakan jasa mobil angkutan umum ini, jika saya boleh jujur, setiap hari saya menggunakan motor untuk transportasi. Kenapa saya mencantumkannya? karena terkadang mobil ini melanggar aturan Berlalulintas, bahkan bisa menyebabkan kemacetan berkepanjangan ketika "ngetem" atau mencari penumpang dan juga ugal-ugalan mencari penumpang.

4. Banyaknya Kendaraan

Ini adalah point penting yang harus kita bahas, karena luas jalan di Indonesia sendiri tidak sebanding dengan banyaknya benda besi beroda empat ataupun dua yang dapat berjalan. Kita dapat bayangkan jika masing-masing orang memiliki 1 atau lebih kendaraan, berapa banyak total kendaraan di Indonesia?
Q : "Tidak bisa seperti itu. Kan kita menggunakan 1 kendaraan, tidak mungkin 2"
A : "Saya setuju dengan anda. Namun jika ada produk kendaraan yang baru liris, saya jadi ragu, anda adalah orang yang bisa dibilang memiliki harta lebih."
Q : "Kan cuma koleksi, tidak akan saya jual."
A : "Mustahil anda berkata seperti itu."

5. Fasilitas Lalulintas yang Kurang Memadai

Bisa kita lihat ketika hujan, beberapa lampu lalulintas rusak. Lampu jalan mati. Jalur khusus pejalan kaki juga sedikit sehingga memungkinkan pejalan kaki menggunakan bahu jalan, akibatnya kendaraan melaju dengan pelan, kemudian mengakibatkan macet. Apalagi yang galian-galian tidak jelas dipinggir jalan itu lho~.

Terus, Solusinya ?

Solusinya mudah namun rumit (kompleks :v ).

Memperbanyak kendaraan massal , contohnya :

Kereta Api / KRL.Kereta api adalah angkutan umum bebas hambatan jarak jauh yang hanya berhenti di Stasiun.
  1. Jika Pemerintah membangun dan menghubungkan kota-kota besar / kecil di Indonesia dengan kendaraan ini, kemungkinan besar para pengguna kendaraan besi tersebut akan beralih ke angkot (Angkutan antar-Kota) Kereta Api ini. Kenapa ? Karena mereka menghindari kemacetan.
  1. Tidak hanya itu, pendapatan Negara pun akan bertambah, karena banyaknya pengalihan penggunaan kendaraan pribadi yang memungkinkan penghematan BBM.
  1. Serta menggunakan kendaraan ini sebagai pengganti truk-truk pengangkut barang bermuatan besar, alhasil pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan dana-dana tidak jelas untuk membenahi jalan dikota-kota, karena jalan-jalan di perbatasan akan awet.

Penggantian mobil Angkot dengan Bus Angkot (Angkutan Kota).Bus Angkot disini berfungsi sebagai penghubung antar tempat/lokasi penting disuatu kota. Seperti Stasiun, Lokasi Hiburan, Sekolah, dan lainnya.


Pembatasan penggunaan Kendaraan Pribadi

Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi sepertinya perlu dilakukan, agar Pemerintah dapat mengalihkan penggunaan Kendaraan Pribadi ke Penggunaan kendaraan umum.

Pembatasan Pembelian Kendaraan

Jika solusi diatas diterapkan tetapi pembelian kendaraan seperti membeli kacang sama juga bohong.
Si-Dealer harus mematok harga yang relatif tinggi demi keuntungan mereka, kecuali mereka yang memiliki SIM-lah yang bisa membeli kendaraan. Peran Polisi disini sangat penting dalam pendataan SIM.

Perawatan

Maksudnya Perawatan fasilitas Publik. Jika bisa, Penambahan Fasilitas Publik.
Cukup jelas tanpa harus dijelaskan secara rinci.

Pembuatan Jadwal

Pembuatan jadwal sangatlah penting di Era Globalisasi. Tentunya semuanya harus Tepat Waktu.


Akhir kata dari penulis yang sudah muak dengan kemacetan di kota-kota besar. Semoga saja bermanfaat bagi para pembaca (biasanya mereka yang sedang mencari tugas ISD), Bangsa Indonesia, dan semuanya. Saya hanya menuangkan ide didalam pikiran yang mulai ruwet dengan tugas kuliah (bagi kalian jangan mengeluh yaa :p) Oh iya, ini adalah alamat link blog teman saya, dia yang memberi saya inspirasi melalui Postingannya.
http://www.variant-info.com/component/content/article/46-artikel/91-mengurai-kemacetan-di-jakarta-a-solusinya.html
Semoga Bermanfaat bagi kita semua !

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada Komentar

Poskan Komentar

Cancel Reply
< >
Drawing codeSyalalala!