Beranda > Komputer > Motherboard

Motherboard

Senin, 06 Agustus 2012
Motherboard.. apa yang kalian ketahui tentang motherboard ? sebagai tempat komponen? sebagai tempat Prosesor? atau sebagai pusat sebuah komputer? Yep.. Motherboard bisa didefinisikan juga sebagai salah satu elemen dalam PC yang amat penting, didalamnya terdapat komponen-komponen yang berfungsi untuk memproses data yang masuk (Input) ataupun keluar (Output) dalam CPU. Dalam pengunaannya, Motherboard sendiri memiliki 3 bagian, yaitu :

  • Untuk Dual Processor
  • Untuk Intel Processor
  • Untuk AMD Processor
yang Lokal disebut hanya 2 type,
1. Type Intel
2. Type AMD
*sesuaikan Motherboard dengan Prosesor yang digunakan.
Motherboard juga memiliki beberapa komponen, diantaranya:

  • Sebuah Motherboard terdapat beberapa komponen seperti :
  • Socket Processor
  • Chipset (Biasanya bertuliskan Brand/Merek sebuah MB)
  • Bus Controller (USB)
  • Slot Memory (RAM)
  • Slot Expansion
  • Port Drive
  • BIOS
  • ROM
  • Power Connector

Untuk Previewnya, mari kita lihat gambar Motherboard buatan ASUS dibawah ini
Asus Motherboard LGA775

bagaimana ? Rumit bukan ? yep. Pertama kali saya melihat Motherboard juga sangatlah Takut, didalamnya terdapat lebih dari 100 komponen, beberapa diantaranya ada yang besar dan ada yang kecil.. yah, Namanya juga teknologi, semakin kesini semakin berkembang.. :D. Ketika saya memahami dari salah satu Artikel di Blog teman, saya langsung praktek membongkar komputer sendiri. Awalnya memang saya tidak bisa untuk merakitnya kembali, sampai beberapa saat kemudian, saya membaca sebuah kalimat "Slot komputer akan terpasang Sempurna JIKA komponen yang kita masukkan kedalam slot tersebut PAS", lalu saya asal menempatkan saja yang penting "PAS".. setelah saya coba dan ternyata BISA :D, lalu saya perhatikan, tiap Pin dan Slot Pin itu bentuknya berbeda-beda.. kenapa demikian? agar memudahkan para perakit komputer untuk merancang sebuah komputer tanpa ada kesalahan (terbalik atau pengisian slot bukan pada tempatnya) pada pemasangan sebuah Komponen.. :D

dari situ saya belajar, beberapa inti yang harus diperhatikan agar komputer dapat berfungsi normal..

Perhatikan gambar dibawah ini, perbandingan antara gambar yang saya buat dengan motherboard Asli.

Bagian-bagian Motherboard

Nah.. kalian paham ? jika kalian paham, mari kita definisikan :D..


  1. Processor Socket (Saya tulis pada gambar "Slot Processor") : Sudah jelas, yang bernama "Processor Slot" berarti tempatnya "Processor" Berada.
  2. Chipset : adalah IC ukuran kecil yang terdapat pada papan induk (motherboard) yang berfungsi mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).
  3. RAM Slot : Random Akses Memori yang biasa disapa dengan "RAM" adalah memory utama didalam sebuah komputer yang digunakan untuk media penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. RAM sering disebut sebagai memori utama komputer, Fungsi RAM adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer. Slot pada ram ini boleh diisikan dengan 1 ram, pilih diantara salah satu slot, tak apa teman isi di slot kedua, komputer  akan Mendeteksi dimana letak ram terpasang dengan sendirinya.
  4. ATX Power Connector : Kumpulan dari beberapa pin yang berfungsi untuk menerima suatu DAYA/ Arus listrik DC dari Power Supply
  5. SATA : Sebuah Connector yang berfungsi untuk Menghubungkan beberapa elemen EKSTRA, misalkan DVD Rom, Hard Disk, dll. (Seperti halnya dengan RAM, sata ini juga akan mendeteksi dimana kabel sata tertancap..)
  6. IDE Connector : Sebuah Connector yang berfungsi untuk Menghubungkan beberapa elemen ekstra juga, namun connector ini bisa dibilang sudah lawas, karena fungsinya sudah diambil oleh port SATA :P .. (menurut saya)
  7. System Panel Connector : Sebagai penerima arus pendek yang berfungsi untuk Menghidupkan Komputer, Mematikan komputer secara paksa, fungsi Restart, dan beberapa fungsi lain pada TOBOL yang berada di "Chassis Computer"
  8. Bios : BIOS atau Basic Input/Output System adalah sebuah software yang bergungsi untuk mengendalikan seluruh Hardware utama sebelum System Operation terinstall.
untuk tips-tips yang lebih detil lagi, teman bisa baca di buku User Guide yang terdapat pada kardus Motherboard, ataupun pada Kaset Motherboard ;)
Semoga artikel ini bermanfaat yaa :D
jika teman memiliki Kendala dalam memasang elemen-elemen pada PC ini, silahkan Komentar yaa ;)

    3 comments

    Halo apa kabar??
    Baik gan, agan sendiri gimana kabarnya??
    Menawarkan Jam Tangan Slapia Neo yang unik, trendi,murah, beraroma buah, anti air dan karat
    Poskan Komentar

    Cancel Reply
    < >
    Drawing codeSyalalala!