Beranda > Tugas Kuliah > Pengertian Algoritma dan FlowChart

Pengertian Algoritma dan FlowChart

Adi Nugraha Y 50414234 2ia03 Algoritma Pemrograman 1A Kunto Bayu A, S.T.
Selasa, 30 September 2014

Coba perhatikan beberapa contoh berikut :
Dan contoh kode berikut (PHP)

$panjang = 10;
$lebar = 20;
$operasi = $panjang * $lebar;

if($operasi == 200){
print ‘hasilnya benar’;
}
Else
{
print ‘hasilnya salah’;
}


Dari beberapa contoh diatas, dapat kita simpulkan bahwa arti umum algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis, terperinci, dan logis. Sedangkan Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkinkan kosong), instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran" dan berhenti di kondisi akhir.

Pernyataan tentang Algoritma:

  1. Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
  2. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
  3. Algoritma adalah blueprint dari program
  4. Sebaiknya disusun sebelum membuat program

Kriteria suatu Algoritma:

  • Ada input dan output
  • Efektifitas dan efisien
  • Tertata/Terstruktur

Ciri Penting Algoritma:

  1. Algoritma harus berhenti setelah menjalankan sejumlah langkah terbatas.
  2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguitas).
  3. Algortima memiliki nol atau lebih masukan.
  4. Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
  5. Algoritma harus efektif (setiap langkah sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

Memprogram dan Bahasa Pemrograman:

  • Belajar memprogram adalah belajar tentang metode pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang masuk akal, mudah dibaca, dan mudah dipahami.
  • Belajar bahasa pemrograman adalah memakai suatu bahasa, aturan, tata bahasa, instruksi-instruksi, dan tata cara pengoperasian compiler untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa tersebut.

Notasi Algoritma:

  1. Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
  2. Notasi algoritma dapat berupa raian kalimat deskriptif (narasi):
Contoh:

Algoritma hasil penjualan warung ucokDiberikan bulan dan presentase penjualan warung ucok, jika nilai presentase tersebut lebih besar atau sama dengan 100% maka penjualan dinyatakan untung banyak, jika nilai presentase lebih kecil dari 100% maka dinyatakan rugi bandar.

Deskripsi:

  1. Baca bulan dan presentase penjualan
  2. Jika presentase penjualan >= 100% maka
  3. Penjualan = untung banyak
  4. Tetapi jika salah
  5. Penjualan = rugi bandar
  6. Tulis bulan dan Penjualan.

Struktur Dasar Algoritma

Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi (sequence), pemilihan aksi (selection), pengulangan aksi (iteration) atau kombinasi dari ketiganya. Jadi struktur dasar pembangunan algoritma ada tiga, yaitu:

  1. Struktur Runtunan
  2. Digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan.
  3. Struktur Pemilihan
  4. Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi.
  5. Struktur Perulangan (loop)
  6. Digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusi berulang-ulang.


Dalam Algoritma, tidak dipakai simbol-simbol / sintaks dari suatu bahasa pemrograman tertentu, melainkan bersifat umum dan tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman apapun juga. Notasi-notasi algoritma dapat digunakan untuk seluruh bahasa pemrograman manapun.

Definisi Pseudo-code

Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma.


Flowchart



  • Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.
  • Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.

Simbol Flowchart


Ada 2 macam flowchart:

  1. System flowchart
  2. Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
  3. Program flowchart
  4. Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Pembuatan Flowchart

  • Tidak ada kaidah yang baku untuk membuat flowchart
  • Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
  • Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.

Secara garis besar ada 3 bagian utama:

  • Input
  • Proses
  • Output

Tips membuat flowchart

  • Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
  • Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
  • Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.


Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma&hl=en&gl=id&strip=0
http://andikafisma.wordpress.com/algoritma-dan-pemrograman/
http://blognapibelog.blogspot.com/2010/07/algoritma-dan-flowchart-dasar.html


Tidak ada Komentar

Poskan Komentar

Cancel Reply
< >
Drawing codeSyalalala!