Beranda > Tugas Kuliah > Manusia dan Keindahan

Manusia dan Keindahan

Adi Nugraha Y 50414234 2ia03
Minggu, 10 Mei 2015
Digital Image

Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kita perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya dapat menjadi bagian dari suatu kebudayaan yang dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.
Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan merupakan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Sesuatu yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Karena itu hanya tiruan lukisan Monalisa yang tidak indah, karena dasarnya tidak benar. Sudah tentu kebenaran disini bukan kebenaran ilmu, melainkan kebenaran menurut konsep dalam seni. Dalam seni, seni berusaha memberikan makna sepenuh-penuhnya mengenai obyek yang diungkapkan.
Manusia yang menikmati keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman  keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut.
Keindahan tersebut pada dasarnya adalah alamiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu adalah wajar tidak berlebihan dan tidak kurang. Konsep keindahan itu sendiri sangatlah abstrak ia identik dengan kebenaran. Batas keindahan akan behenti pada pada sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah,  sedangkan yang tidak ada unsur keindahanya tidak mempunyai daya tarik. Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan yang lainya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu benda dengan benda lain sebagai objek imajinasi. Demikian pula kata indah diterapkan untuk persatuan orang-orang yang beriman, para nabi, orang yang menghargai kebenaran dalam agama, kata dan perbuatan serta orang–orang yang saleh merupakan persahabatan yang paling indah.

[1] Makna Keindahan

Keindahan, sering diutarakan kepada situasi tertentu, arti kata keindahan yaitu berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan identik dengan kebenaran, sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah. Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
Dalam bahasa Latin, keindahan diterjemahkan dari kata “bellum” Akar katanya adalah “benum” yang berarti kebaikan. Dalam bahasa Inggris diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Prancis “beao” sedangkan Italy dan Spanyol ”beloo”. Kata benda Yunani klasik untuk “keindahan ” adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk “indah” itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios, kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti “jam.” Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan “berada di jam (waktu) yang sepatutnya.”

[2] Makna Renungan

Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
Setiap orang pernah merenung. Sudah tentu kadar renungannya satu sarna lain berbeda, meskipun obyek yang direnungkan sama, lebih pula apabila obyek renungannya berbeda. Jadi apa yang direnungkan itu bergantung kepada obyek dan subyek.

[3] Makna Keserasian

Keserasian berasal dari kata serasi-serasi dari kata dasar rasi artinya cocok, sesuai, atau kena benar. Kata cocok sesuai atau kena mengandung unsur pengertian perpaduan, ukuran dan seimbang.
Keserasian identik dengan keindahan. Sesuatu yang serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah. Karena itu sebagian ahli pikir berpendapat, bahwa keindahan ialah sejumlah kualita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal.

[4] Makna Kehalusan

Kehalusan berasal dari kata halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, baik (budi bahasa), beradab. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus.
Halus itu berarti suatu sikap manusia dalam pergaulan baik dalam masyarakat kecil maupun dalam masyarakat luas. Sudah tentu sebagai lawannya ialah sikap kasar atau sikap orang-orang yang sedang emosi, bersikap sombong, bersikap kaku sikap orang yang sedang bermusuhan. Oleh karena itu kehalusan dapat menunjukan nilai keindahan seseorang dan sikap kasar bisa mengurangi nilai keindahan dari seseorang.

[5] Perbedaan Keindahan Subjektif & Objektif

Teori estetika keindahan menurut Jean M. Filo dalam bukunya “Current Concepts of Art” dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

  1. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu bersifat subjektif adanya, yakni karena manusianya menciptakan penilaian indah dan kurang indah dalam pikirannya sendiri.
  2. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan bersifat objektif adanya, yakni karena keindahan itu merupakan nilai yang intrinsik ada pada suatu objek.
  3. Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu merupakan pertemuan antara yang subjektif dan yang objektif, artinya kualitas keindahan itu baru ada apabila terjadi pertemuan antara subjek manusia dan objek substansi.

[6] Faktor-faktor Pendorong Seseorang Menciptakan Keindahan

Keindahan dapat dinikmati menurut selera seni dan selera biasa. Keindahan yang didasarkan pada selera seni didukung oleh faktor kontemplasi dan ekstansi. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah. Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah. Apabila kedua dasar ini digabungkan dengan bentuk diluar diri manusia, maka akan terjadi penilaian bahwa sesuatu itu indah.
Apabila kontemplasi dan ekstensi itu dihubungkan dengan kreativitas, maka kontemplasi itu faktor pendorong untuk menciptakan keindahan. Sedangkan ekstansi itu merupakan faktor pendorong untuk mersakan, menikmati keindahan. Karena derajat kontemplasi dan ekstansi itu berbeda-beda antara setiap manusia, maka tanggapan terhadap keindahan karya seni juga berbeda-beda.
Bagi seorang seniman selera seni lebih dominan dibandingkan dengan orang bukan seniman. Bagi orang bukan seniman mungkin faktor ekstansi lebih menonjol. Jadi ia lebih suka menimati karya seni daripada menciptakan karya seni. Dengan kata lain ia hanya mampu menikmati keindahan tetapi tidak mampu menciptakan keindahan.

Contoh Cerpen

Cerpen Karangan: Nova Malinda
Bintang Yang Indah

Malam hari saat aku sedang belajar mama memanggilku “taraa!” panggil mama, “iya ma?” jawabku. “ada temen kamu tuh yang pengen ketemu kamu” ucap mama. “indah ya ma?” tanyaku. “bukan, udah sana samperin aja dulu” ucap mama.
“siapa sih.” gumanku dalam hati dengan penasaran. “hay?” sapa seorang cowok itu, “hm iya. Kamu siapa ya? Kok aku kayaknya nggak punya temen yang mukanya kayak kamu?” tanyaku. “boleh masuk dulu nggak. Ntar aku jelasin” pintanya. “ouh, ya silahkan.” ucapku sambil mempersilahkan dia masuk.
Aku pun menemaninya duduk layaknya seorang tuan rumah lalu dia mengulurkan tangannya “kenalin aku bintang.” ucapnya, “aku tara. Ada keperluan apa ya?” tanyaku sambil sedikit penasaran. “aku kesini mau nyampain surat ini ke kamu” sambil memberikan surat itu aku pun langsung menerimanya tanpa bertanya dulu karena saking penasarannya.
Untuk: tara
Maafin aku tara sebelumnya. Aku tidak bilang apa-apa sama kamu. Karena aku takut kamu bakalan sedih. Mulai saat ini aku dan keluargaku pindah ke pontianak. Karena ayahku dipindah tugaskan kesana. Dan pastinya aku bakalan sekolah disana. Tara, maafin aku ya kalau aku pernah nyusahin kamu. Aku sayang banget sama kamu tara dan pastinya aku bakalan kangen banget sama kamu, kamu adalah sahabat terbaikku.
Dari: indah
“kenapa orang yang aku anggap keluarga harus pergi ninggalin aku” kuteteskan air mataku. Lalu tiba tiba bintang mengusap air mataku. “udah lah tara. Jangan sedih, sayang kalau air matamu dibuang. Disini masih ada aku. Aku mau kok jadi temen setia kamu”. Aku pun malu dan langsung mencubit bintang. “awh. Sakit, ternyata tara galak banget”
Keesokan harinya bintang datang menjemputku untuk berangkat bersama. “maa aku berangkat dulu!” teriakku. “tante aku juga berangkat ya” ucap bintang. “iya. Hati hati ya sayang.. Bintang jagain anak kesayangan tante ya” jawab mama. “siap tante” sahut bintang. “ih apaan sih mama.. Aku kan udah gede..” ucapku. Mama dan bintang hanya tersenyum kecil
Hari hariku pun menjadi berwarna warni, bintang sangat perhatian sekali padaku, dia selalu buat aku tertawa. Aku selalu pergi bersama bintang ke puncak, ke taman dan tempat tempat indah lainnya.
“tara.. Sudah sekian lama aku ingin menyatakan rasa ini padamu. Aku pun sudah tak tahan menahan semua ini. Kau bagai bulan di hatiku yang selalu setia temani malam malamku, sungguh ku ingin selalu bersamamu. Semua yang ada dalam diriku berubah ketika hadirnya dirimu dalam hidupku. Tara.. Maukah kamu menjadi kekasih hatiku?” tanya bintang.
“akuu akuu.. Mau.. Bintang.” jawabku dengan gugup karena detak jantungku berdebar-debar. “aku sangat mencintaimu bintang” ucapku dalam hati.
Hari-hariku pun tambah berwarna, aku senang sekali sudah memiliki bintang, dia mengajarkanku arti kesetiaan dan kasih sayang. Hingga saat liburan tiba aku dan bintang pergi ke puncak kesukaan ku, ibuku dan ibunya bintang mengizinkan kami berdua menginap, karena sore itu hujan sangat deras, bintang mengajakku jalan-jalan dan kami berdua pun berpayungan. Satu payung untuk berdua.
“tara..” bisik bintang. “ada apa bintang.?” tanyaku. “aku sangat mencintaimu dan aku akan selalu ada disamping kamu..” ucap bintang dengan lembut. “iya bintang aku juga sangat cinta padamu dan aku bakalan setia temani hari-harimu sampai kita tua nanti” ucapku. “iya.. Main yuk?” ajak bintang, “main? Gimana?” tanyaku.
Setelah itu bintang menutup mataku dengan slayer warna hitam, aku malah meledek bintang, aku berusaha agar tidak dipayungi biar basah kuyup. Saat aku berlari kecil “taraa.. Jangan lari, ntar kamu basah kuyup” ucap bintang sambil memayungiku.
Saat aku berlari kecil lagi bintang pun menyusulku untuk memayungiku lagi “ih.. Dibilangin kok bandel banget sih tara sayang” ucap bintang. Namun ketika aku berlari kecil untuk terakhir kalinya bintang tidak memayungiku dan membiarkanku basah kuyup, dalam hatiku aku merasakan kegelisahan, aku tunggu sekitar 1 menit dia tidak memayungiku. “bintang?” tanyaku. “tara.. Maka.. Sih.. Ya..” ucap bintang dengan nada terputus-putus
Kubuka slayerku dan “bintang!!!” aku pun tak kuat menahan air mataku yang tak kuat menahan semua itu
“bintang! Jangan tinggalin aku!. Aku butuh kamu! Aku sayang kamu bintang! Bangun bintang! Bangun!”
Di bawah guyuran hujan yang membasahi tubuh ini, aku kehilangan seseorang yang sangat berarti bagiku. Seseorang yang memberikanku cinta dan kasih sayang yang teramat tulus untukku, dan seseorang yang pertama kali mengajarkanku arti kesetiaan. Kini aku telah kehilangannya..
Setelah semua itu terjadi, ibu bintang berkata padaku bahwa dia mengidap penyakit leukimia sejak kecil dan sebelum bintang meninggal ia telah membuat surat untukku yang dititipkan ibunya.
Tara sayang
Maafkan aku jka aku tak bisa temani hari-harimu lagi
Maafkan aku jika aku tak bisa setia di sampingmu lagi
Maafkan aku yang tak bisa melindungimu lagi
Dan maafkan aku jika aku harus meninggalkanmu
Terimakasih

Cerpen Karangan: Nova Malinda
Facebook: nova malinda
Sumber Cerpen : http://cerpenmu.com/cerpen-romantis/bintang-yang-indah.html


https://mariefrancis65.wordpress.com/2013/12/03/makalah-tugas-ibd-ilmu-budaya-dasar-manusia-dan-keindahan/
http://fajri-fafa.blogspot.com/2011/12/manusia-dan-keindahan.html

Tidak ada Komentar

Poskan Komentar

Cancel Reply
< >
Drawing codeSyalalala!